Breaking News

Friday, November 9, 2018

Apa itu Motherboard/Mobo?


Motherboard atau zaman sekarang biasa disebut dengan “Mobo”, siapa yang tidak kenal dengan salah satu komponen penting yang satu ini,  yah sebgaimana yang kita tahu komponen yang satu ini digunakan sebagai tempat letak komponen komponen lain seperti Processor, Ram, Hardisk, Graphic Card (VGA),  dan lain-lain tergantung penggunaannya dengan disupport dengan Power Supply. 

Untuk lebih rincinya berikut penjelasan dari Motherboard :     




       
Motherboard
 atau biasa disingkat dengan MB, adalah 
sebuah papan sirkuit elektronik yang mempunyai slot-slot untuk komponen lain, sehingga komponen-komponen tersebut saling terhubung dan saling bekerja sama dengan baik. 


Motherboard dibedakan atas bentuk dan layout sirkuitnya yang biasa disebut dengan form factor. Dari bentuknya, motherboard biasa dibedakan menjadi 2, yaitu model desktop (monitor diletakkan di atas CPU) dan model tower (monitor diletakkan di samping CPU). 
          
Sedangkan berdasarkan form factor yang digunakan motherboard dibedakan atas 2 kelompok besar, yaitu ATX (Advanced Technology – diperkenalkan oleh IBM pada tahun 1984) dan non ATX. 

Form factor ATX memiliki beberapa varian ukuran yaitu ATX,Micro-ATX,Mini-ATX. Tidak hanya ATX terdapat juga form factor berjenis ITX yang dibuat oleh VIA untuk komputer berdaya rendah

















No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates