Breaking News

Saturday, November 10, 2018

Apa itu Power Supply/PSU?


Power Supply atau biasa kita singkat dengan “PSU”, kompoenen yang satu ini sangat berpengaruh bagi  komputer karena berperan sebagai pemberi supply listrik untuk semua komponen komputer, secara teknis power supply berfungsi untuk melakukan konversi dari listrik yang memiliki arus AC yaitu listrik PLN 220V menjadi listrik yang berarus DC yang dibutuhkan oleh komponen komputer.

Power Supply komputer mempunyai berbagai macam daya yaitu 500W, 750W, 1000W dan lain lain tergantung kebutuhan komponen komputer. Berikut adalah penjelasan dari Power Supply/PSU.  


Power Supply Unit (PSU) adalah suatu perangkat pemberi daya kepada seluruh komponen komputer. Terdapat dua jenis PSU berdasarkan manajemen kabelnya yaitu Modular DNA Nonmodular.PSU modular adalah jenis PSU yang kabelnya dapat dilepas berdasarkan portnya masing-masing sehingga dapat membuat pemasangan kabel menjadilebih rapih. Sedangkan Non-modular adalah PSU konvensional yang kabelnya menyatu pada satu lubang.

Kabel yang harus dihubungkan pada motherboard adalah 24 pin dan 4 pin kabel. 24 pin kabel dihubungkan untuk mengalirkan daya ke semua komponen pada motherboard dan 4 pin untuk mengaliri daya ke processor.

Pada beberapa motherboard lama hanya membutuhkan 22 pin yang dihubungkan namun berubah menjadi 22+2 pin dan 4 pin bahkan beberapa motherboard high-end membutuhkan 8 pin untuk processor. Pada satu PSU umumnya terdapat beberapa kabel yaitu 24 pin, 4+4 pin,molex 4 pin, SATA 15 pin dan floppy 4 pin.

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates