Breaking News

Wednesday, November 7, 2018

Apa itu Processor/Prosesor?

Sebagian besar dari kita tentu sudah familiar dengan kata INTEL, AMD, MEDIATEK, SNAPDRAGON, dan lain lain, apa lagi yang sering menggunakan computer, laptop, ataupun handphone, nama diatas adalah sebagian dari brand “Processor/Prosesor”, tapi taukah kita pengertian dari prosesor dan apa fungsinya?

Berikut ini akan di jabarkan pengertian, fungsi dan beberapa macam macam brand prosesor:

Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem  dan digunakan sebagai pusat atau otak dari sebuah sistem yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan sebuah sistem tergantung dari Kecepatan Internal (Internal Bus) processor itu sendiri contoh 2GHz, 3.6GHz, Kapasitas memori Cache (Cache Memory) memori di processor contohnya Intel celeron, L1 32 KB, L2 128KB.

Pada zaman sekarang ini sudah banyak sekali brand-brand yang mengembangkan prosesor. Dan inilah sedikitnya macam-macam processor

1. Processor Intel

Processor Intel tentu tidak asing lagi di dunia perkomputeran. Bahkan, mungkin saja komputer atau laptop yang tengah anda gunakan sekarang ini menggunakan processor berbasis Intel. Dan Intel tentu saja memang salah satu perusahaan yang berhasil merajai processor di dunia komputer.  Mengingat begitu banyaknya komputer dan laptop memakai processor dari perusahaan ini.
603000513
Processor Intel sendiri dilahirkan oleh perusahaan Intel Corporation yang merupakan sebuah perusahaan multinasional, bermarkas di Amerika Serikat dan sudah berdiri sejak tahun 1968. Hingga sekarang, processor Intel sudah banyak mengalami perkembangan. Dan berikut ini adalah tipe-tipe processor yang telah dihasilkan Intel, antara lain:
  1. 4004 Micro processor
  2. 8008 Microprocessor
  3. Intel Pentium Processor
  4. Intel Pentium Pro Processor
  5. Intel Pentium II Processor
  6. Intel core i5-8600k
  7. Intel Core i7-7700k
  8. Intel Core i9-7980XE

2. Processor AMD

AMD meupakan salah satu kompetitor Intel yang nyata, terlebih untuk urusan yang berkaitan dengan processor. Selain itu, AMD merupakan perusahaan semikonduktor multinasional yang bertempat di Amerika Serikat di Sunnyvale, California. Bahkan, perusahaan ini juga merupakan perusahaan terbesar kedua setelah Intel Corporation untuk urusan pemasok mikroprosesor dalam ranah global.
ryzen-5-1600x
Pada tahun 2007, perusahaan AMD berhasil menempati peringkat ke-sebelas dari segi pendapatan. Serta di bawah ini ada beberapa produk processor yang berhasil AMD ciptakan, antara lain:
  1. Opteron  (untuk pangsa pasar server).
  2. AMD FX dan APU A SERIES (untuk pangsa pasar Desktop).
  3. APU Z SERIES (untuk pangsa pasar prodak tablet pc).
Berikut contoh produk AMD processor yang beredar di pasaran:
  1. AMD Ryzen 5 1500X 3.5Ghz Up To 3.7Ghz - 4 Core
  2. AMD Ryzen 5 1400 3.2Ghz Up To 3.4Ghz - 4 Core
  3. AMD Ryzen 3 1300X 3.5Ghz Up To 3.7Ghz - 4 Core
  4. AMD Ryzen 3 1200 3.1Ghz Up To 3.4Ghz - 4 Core
  5. AMD Bristol Ridge Athlon X4 950 3.5Ghz Up To 3.8Ghz - 4 Core

3. Processor Apple.

Brand yang satu ini rasanya juga tidak asing lagi di telinga kita. Sebab, Apple Inc. merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi multinasional dengan pusat kantornya berlokasi di Silicon Valley, Cupertino, California.
A7-M7
perusahaan Apple memfokuskan diri dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan produk-produk elektronik. Seperti komputer pribadi hingga perangkat lunak komputer.
Pada awalnya, perusahaan Apple Inc ini bernama Apple Computer, Inc diawal berdirinya pada 1 April 1976. Namun, kata “Computer” kemudian dihapuskan pada 9 Januari 2007 lalu. Sebab, pada saat itu Apple meluncurkan produk smartphone, yang dinamakan IPhone.

Kembali mengenai processor, mungkin ada beberapa produk processor yang berhasil dilahirkan dan dikembangkan oleh Apple. Yang antara lain adalah seperti berikut ini:
  1. Apple DOS
  2. Apple Pascal
  3. Apple CP/M
  4. Apple SOS
  5. Apple ProDOS
  6. Macintosh

No comments:

Post a Comment

Designed By Published.. Blogger Templates